Thursday, December 23, 2004

Dari Jendela Kopaja

Pagi ini seperti biasa aku pergi ke kantor. Jam menunjukkan pukul 8.25 ketika aku menuruni tangga kosku. Sampailah aku ke halte slipi jaya dimana setiap pagi aku menunggu bis jurusan Kali Deres, dan tak sampai 2 menit bis 88 lewat, jadi naiklah aku. Aku duduk di dekat jendela dekat pintu depan, jadi aku bisa melihat jelas pemandangan di sebelah kiriku.

Kulirik jam tanganku, 8.45.."wah cepat sekali bis ini" pikirku, kala itu aku sudah sampai di terminal Grogol. Ketika itu aku melihat keluar jendela, ada seseorang yang sedang tidur pulaas diatas bangku kayu panjang, diantara motor-motor ojek, ditikungan terminal Grogol. Seorang laki2 muda, mungkin sekitar 20-25 tahun, ato bahkan mungkin lebih muda, sulit menerka umurnya karena penampilannya. Kulit sawo matang mengkilat terbakar sinar matahari, begitu juga dengan rambutnya, entah merah karena di cat atau karena matahari. Damai sekali tidurnya, tak terganggu hiruk pikuknya suara kendaraan sekitarnya.

"Lihat dia tersenyum...dalam tidurnya". Berbagai terkaan berkecamuk dalam fikirku, apa gerangan yang dia mimpikan sampai dia tersenyum begitu indahnya..
Mungkinkah dia mimpi negara Indonesia ini jadi negara yang makmur, atau kah mimpi mempunyai uang yang banyak, atau kah mungkin dia mimpi tidur beralaskan kasur yang empuk, atau mimpi hari ini dia bakal dapat uang untuk mengisi perutnya yang sedari kemarin belum terisi...
oh entahlah..apa gerangan yang membuat dia tersenyum dalam tidurnya. Namun semoga senyum dalam tidurmu merupakan seyum syukurmu pada-Nya.

No comments: