Thursday, April 20, 2006

lagi2 hal baru...

satu lagi hal yang baru buatku..
ke KANTOR IMIGRASI.

Pernah gak sih temen2 ke kantor Imigrasi ? Waduh...kalo buat yang pertama kali kesana jangan heran deh kalo nyampe kantor imigrasi itu bingung...n kadang dicuekin n ga diurusin.. (mudah2an ga semua kantor imigrasi ya)

Ceritanya aku disuruh bikin pasport, yah buat jaga2 ajah siapa tau ujug2 dikirim ke luar negri (ato buat jalan2 hehehe..). Berhubung KTP ku masih KTP Kuningan, so aku harus ngurusin pasport nya ke kantor imigrasi Cirebon, karena Kuningan masuk ke Wilayah 3 Cirebon.

Mula2 kita kudu beli formulir dulu 10 rebu perak (padahal disitu jelas2 dicap gede2 CUMA-CUMA). Mungkin artinya CUMA 10 rebu perak..huh.. Trus abis itu kita isi tuh form, dilengkapi dengan :
1. Akte Kelahiran Asli dan Fotocopy
2. KTP asli dan Fotocopy
3. Kartu keluarga asli n fotocopy
4. Fotocopy Kartu NPWP (kalo punya..) kalo ga punya nanti tandatangan surat perjanjian
5. Surat Keterangan dari perusahaan ( kalo bisa dapet surat ini,sebaiknya bawa ) so ga disangka TKW
6. Materai, siapin 2 buah yang 6.000 an.
7. Foto 4x6 4 buah (tapi kemaren aku gak dimintain tuh )

Abis itu satu map itu diserahin ke petugas loket pemeriksaan arsip. INGAT kudu minta tanda terima. Aku kemaren ngga minta tanda terima, sedikit chat ma petugas loket :
emay : "pak, kapan saya bisa tau jadwal foto saya? "
petugas_loket : "wah ada 700 berkas nih mbak,jadi ga bisa kita pastikan kapan"
emay : "trus selesainya kapan nih pak? "
petugas_loket : "gini aja deh, saya tulis no telp mbak, nanti saya hubungi"
emay : ya sudah kukasih deh no telp ku, " maaf pak, saya minta tanda terima dokumen ini dong, soalnya ada akte kelahiran aseli saya"
petugas_loket : "wah , ga perlu mbak, nanti deh saya kontak"
emay : " ok, nama bapak siapa ? "
petugas_loket : ngasih nama nya

Satu minggu...
Dua minggu... hmmm..kok ga di telpon2 yaa... aku balik telp ke kantor itu tapi susah banget masuknya.
Tiga minggu... wadaw habis deh kesabaran, ini kudu menyingsingkan lengan baju neh.. :D
akhirnya aku datengin lagi deh tuh kantor imigrasi (untung hari senin libur piket)

Hari itu, ternyata petugas loketnya bapak yang waktu itu..
emay : "pak saya dulu pernah masukin berkas, 3 minggu yang lalu pak, kok belum dapet jadwal foto pak?"
petugas_loket : "kapan mbak masukin nya?"
emay : "27 Maret, pak "
petugas_loket : "wah ini berkasnya numpuk, nanti sore mbak kesini lagi aja deh"
emay : gubraks..."wah pak, saya dari jakarta nih pak, ngga mungkin bolak balik kayak gitu"
untung bareng bapakku, kebetulan bapakku galak... di kerasin deh tuh petugas hehehe..
petugas_loket : "ya udha deh pak, saya cari dulu berkasnya"
hehehehe...

Trus abis tu aku dipanggil ma atasan nya.
atasan : "kenapa mbak pengen selesai hari ini?"
emay : "saya masukin berkas 3 minggu yang lalu pak. Katanya saya mau dihubungi, tapi sampe sekarang ga dihubungi, saya telpon kesini engga bisa2. Saya sih pegennya saya jelas dapat jadwal foto kapan dan bisa selesai kapan, temen2 saya yang di jakarta bandung 2 minggu itu udah beres"
atasan : "mbak ngurus sendiri?"
emay : "iya pak, saya ditemenin bapak saya"
atasa : " ok mbak, saya masukin ke jadwal hari ini, nanti mbak bayarnya langsung aja di kasir dan tempat foto, jangan lewat orang, nanti lebih mahal "
emay : "makasih pak"
ternyata ada juga orang yang ga suka imbalan dan menghargai prosedur...

Setelah itu tinggal tunggu dipanggil buat crosscheck dokumen, bayar 200.000 ke kasir, trus nunggu giliran foto, di ruang foto bayar lagi 60.000. udah deh besoknya jadi tuh passport.

So, buat temen2 tarif resmi bikin pasport itu 260 ribu, eh 270 ribu plus 10 ribu formulir tadi :D. Jangan mau ditipu sama calo2 itu, ada loh bapak2 yang kena 700 ribu, duh kasihan..

1 comment:

Pippin said...

baru tau yah kalo yang bau2 pemerintah tuh urusannya sulit :D