Saturday, November 18, 2006

Emansipasi kah ??

Pagi tadi ke kantor naek kopaja 502 jurusan kampung melayu - tanah abang. Biasanya setiap pagi, kalo berangkat ke kantor aku suka naek bajaj, pulangnya juga. Makanya anak2 sini bilang kalo bajaj itu kendaraan fav nya emay hehe. Tapi kalo pas piket aku lebih milih naek kopaja, soalnya ga dikejar waktu, n ga penuh.. jadi nyantey deh nunggu 502 depan BI situ.

Nah kopaja tadi pagi yang aku naekin itu kosong melompong (yah supir mah dah pasti ada atuh.. plus kenek nya) alias engga ada penumpang lain selain diriku. Nah yang bikin aku takjub ternyata keneknya itu cewe, ibu2, jilbaban lagi. Nah dalam hati aku mikir (eh mikir bukan dalam hati ya) yah menebak2 lah "ibu ini apa istrinya supir ini ya ??" yah kalo dari segi umur pantas mereka jadi sepasang suami-istri. "kalo iya, waahh hebat banget yah, saling berkolaborasi dalam bekerja".
" tapi kalo iya juga duh kasian atuh yah, masa istrinya disuruh teriak2 manggilin penumpang"

Sering banget aku liat kondektur2 itu cewek. Bis2 mayasari bakti itu beberapa kali aku naiki kondekturnya cewe. Tampang nya judes, dan teriakannya lebih keras dari cowo. Duh padahal mah cewe gitu yah, berani banget yah menghadapi kehidupan seperti itu, yang aku liat kayaknya bener2 butuh kekuatan fisik dan mental. Namanya di jalan, pasti banyaaaakk banget gangguan nya. Mungkin dengan tampang judes dan teriakan keras lah mereka bisa bertahan hidup di jalan.

Ini kali yah yang namanya emansipasi ?? Pekerjaan2 yang tadinya bidang lelaki, banyak dilakoni juga sama kaum hawa. Apa karena jumlah perempuan di dunia udah lebih banyak dari laki2 ?

Di kantor juga sama, sekarang mah kayaknya gender udah engga terlalu dilihat lagi hiks.. (padahal kadang asik sih berlindung dibawah label gender jadi bisa terbebas dari tanggungjawab :D). nah tapi itu yang susah dilakukan di tempatku, ato di tempatnya mbak Leni, salah seorang temen kosku yang bekerja jadi wartawan, dan mungkin di masih banyak tempat lain.

Kalo aku sih setuju2 aja wanita bekerja, asal tidak melupakan kodratnya sebagai wanita. Wanita yang lemah lembut, wanita tegar, wanita yang jadi madrasah pertama bagi anak2 nya (lupa baca dimana yah ini.. hmm kalo ga salah di blog nya mas gaw ), Wanita yang menjaga kehormatan diri dan keluarganya, Wanita yang menjadi penyejuk bagi suami nya, Wanita perhiasan dunia..

Semoga aku tidak pernah melupakan kodratku sebagai wanita..

1 comment:

long time no see said...

eh,sayah juga pernah dulu naek 502 dari UKI (pas masuk jam 7 pagi jaman blm merit) keneknya ibu-ibu, di depan ada anak kecil juga laki-laki. Nah itu sih kayaknya sama ya? Jgn-jgn itu "keluarga" yg sama? Hehehe... Di Bogor juga ada supir angkot cewe, tapi "nyamar" jadi kaya laki. Klo mau jadi FTM, harus "ikhlas" dg merasa cukup apa adanya pendapatan suami... kalo merasa kurang terus sih ya... susah lah ya... (gak nyambung ya komentarnya sama blognya? hehehe lagi posko Bush siiih)